Sudah Tahu Cara Cuci Hidung Agar Bersih Dari Flek Hitam?Simak 4 Cara dan Manfaatnya

Kepedulian pada kebersihan dan kesehatan hidung belum membudaya di kalangan masyarakat luas. banyak yang masih beranggapan bahwa membersihkan hidung merupakan hal sepele sehingga sering dilewatkan. Demikian terungkap dalam acara kampanye #Cucihidungsetiaphari pada 26 April 2018 lalu di Jakarta.

“Hidung adalah organ pertama yang menyaring udara pernapasan yang akan masuk kedalam pari-paru. Selain itu, hidung berpungsi menjaga kelembaban, sebagai penghangat udara dan tentunya sebagai indra penciuman kita,”ungkap dokter spesialis sekaligus konsultan telinga hidung dan tenggorokan (THT), S. Hendradewi, yang menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut.

Hendradewi mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk mencuci hidung secara rutin setiap harinya.”Cuci hidung , minimal satu kali dalam sehari,” kata Dokter yang berpraktek di RS Dr.Moewardi Surakarta, Solo ini.

Mencuci hidung seacra rutin dapat melunakan dan mengalirkan lapisan lendir pada rongga hidung, sesuai yang di laporkan dalam sebuah jurnal kedokteran dari international Journal of Environmental Research and  Public Health. pemicu reaksi radang dan alergi akan berkurang dengan mencuci hidung. Anjuran gerakan mencuci hidung tiap hari, menurut hendra dewi juga sudah di canangkan oleh kementrian kesehatan.

bagai mana cara mencuci hidung yang benar?”untuk mencuci hidung kanan, miringkan kepala anda ke kiri. Tahan napas, dan semprotkan cairan pembersih hidung di bagian kanan, begitu sebaliknya dengan bagian kiri hidung,”kata dokter yang berpraktek di RS Dr. Moewardi Surakarta, Solo ini.Cairan pembersih hidung adalah cairan dengan kandungan isotonik atau air laut yang telah disterilkan merupan anjuran pembersih hidung yang aman. Jika anda melakukan pembersihan hidung dengan benar, lanjut Hedradewi, saat menyemprotkan cairan pembersih di bagian kanan misalnya, cairan isotonik tersebut akan keluar dari hidung kiri anda.

Hendradewi juga menjelaskan manfaat apa saja yang bisa di dapatkan dengan rutin melakukan cuci hidung. Pertama, menurutnya, mencuci hidung secara rutin dengan larutan isotonik akan memperbaiki silia didalam hidung. Silia mengandung protein atau VItamin-vitamin yang mampu menyaring udara kotor yang masuk.

Kedua, dengan rutin mencuci hidung, Anda juga meningkatkan penyembuhan radang dan sinus. Jika kesehatan sinus anda baik, secara lebih luas hal itu akan meningkatkan kualitas hidup. karena,Anda akan terbebas dari penyakit Flu,radang tenggorokan atau batuk.

Ketiga, rutin mencuci hidung juga bisa menurunkan risiko kekambuhan alergi,”yang harus anda ketahui, alergi itu tidak bisa disembuhkan. Tetapi, bisa dikurangi kekambuhanya,”ucap Hendradewi.

Dan yang ke empat, mencuci hidung setiap hari bermanfaat untuk suhu kelembaban dalm hidung. Karena, menurut Hendradewi,kalau hidung anda kering, kotoran hidung akan menumpuk dan menempel. hal ini bisa merusak atau menghambat penyaluran Vitamin.

 

Leave a Comment